Target Serangan Cyber 2013

14/01/13



Serangan Keamanan di tahun Ular Air
Tahun 2013 disebut juga sebagai tahun Ular Air, banyak yang meramalkan hal menarik terjadi d tahun ini. Tidak terkecuali di dunia teknologi, beragam trend pun diramalkan bakal mewarnai perkembanan teknologi dari dunia keamanan.
Raimund Genes (CTO Trend Micro) memprediksi bahwa penjahat cyber akan mengubah strategi dalam mengembangkan malware. Strategi ini menurut Raimund akan beralih ke tingkat yang lebih canggih dengan fokus kepada penyusupan jaringan. Ada 5 modus serangan yang akan marak di tahun 2013.

  1. Man-in browser attack. Serangan ini difokuskan kepada pengguna transaksi perbankan online menggunakan browser. Jika sebelumnya serangan ini dilakukan dengan metoda phising (menipu) lewat email dengan mengarahkan korban ke situs palsu, serangan Man-in-browser lebih bahaya karena ia menangkap data yang dimasukkan pengguna. Parahnya, pengguna sama sekali tidak menyadari kalau datanya dibajak, karena ia berinteraksi degan situs yang sah.
  2. Watering Holes attack. Ini adalah serangan yang tidak ditujukan kepada individu sebagai korban, melainkan dengan menginfeksi situs web terpecayayang sering dikunjungi pengguna.Penyerang akan mencari celah keamanan pada situs tersebut lalu memanfaatkannya untuk menyerang korbannya.
  3. Mobile Malware.Pengguna perangkat mobile yang akan kian marak belakangan ini tidak akan luput dari incaran penjahat cyber. Tren Micro memprediksi akan banyak malware baru yang berbahaya dan disebarkan untuk menyerang pengguna mobile malware.
  4. Cross Platform attack. Jika windows merupakan sistem operasi yang paling banyak mendapat serangan, maka di tahun ini pengembangan malware juga akan di tujukan ke beberapa sistem operasi lainnya. Serangan seperti jackbot akan marak dilakukan.
  5. Hypervisor attack. Yang terakhir ini adalah serangan yang dibuat khusus untuk insfrastruktur cloud. Serangan ini dibuat semata-mata ditujukan untuk mencuri daa-data penting perusahaan yang disimpan dilayanan cloud publik.

Sumber : Pcplus nomor 428 




0 Komentar:

Posting Komentar

Cari Posting Blog

Translate

Download Software

Download Software
FREE AVIRA

Baidu PC Faster

Baidu PC Faster
FREE DOWNLOAD

Rek 2960 398486

Rek 2960 398486
Khairul Maddy

Pengikut

Grade

Entri Populer

Total Tayangan Halaman

Feed

Backlink

eXTReMe Tracker
Free Capricorn Red Cursors at www.totallyfreecursors.com